Monday, March 4, 2024
leebeaute
HomeSkin CareKulit BerminyakIni Cara Atasi Masalah Kulit Saat Periode Menstruasi

Ini Cara Atasi Masalah Kulit Saat Periode Menstruasi

Setiap wanita pasti pernah mengalami pra dan pre menstruasi. Pra menstruasi terjadi sebelum periode menstruasi dimulai, sedangkan pre menstruasi terjadi selama periode menstruasi berlangsung. Kedua kondisi ini dapat mempengaruhi kesehatan kulit wanita. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang perbedaan antara pra dan pre menstruasi serta dampaknya pada kulit.

Pra Menstruasi

Pra menstruasi, yang juga dikenal sebagai fase folikuler, terjadi sekitar seminggu sebelum periode menstruasi dimulai. Pada fase ini, tubuh wanita mempersiapkan diri untuk melepaskan sel telur yang tidak dibuahi. Perubahan hormonal terjadi, termasuk penurunan kadar hormon estrogen. Penurunan estrogen ini dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan kurang terhidrasi.

Kulit kering pada pra menstruasi dapat mengakibatkan rasa ketidaknyamanan seperti gatal-gatal dan terasa kasar. Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk menjaga kelembaban kulit dengan menggunakan produk skincare yang mengandung bahan pelembab efektif seperti hyaluronic acid atau ceramide. Hyaluronic acid adalah bahan yang sangat baik untuk menarik dan mengunci kelembaban pada kulit, sedangkan ceramide membantu memperkuat penghalang kulit alami dan mencegah kehilangan kelembaban.

Pra menstruasi terjadi sekitar seminggu sebelum periode menstruasi dimulai. Pada saat ini, kadar hormon estrogen menurun dan menyebabkan kulit menjadi lebih kering. Selain itu, beberapa wanita juga mengalami period cramp yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Ketika tubuh merespon rasa sakit akibat period cramp, maka tubuh akan melepaskan hormon stres yang dapat memicu produksi minyak berlebih pada kulit dan menyebabkan timbulnya jerawat.

Untuk mengatasi kulit kering, Anda dapat menggunakan produk skincare yang mengandung bahan-bahan pelembab seperti hyaluronic acid atau ceramide. Sedangkan untuk mengatasi jerawat, Anda dapat menggunakan produk skincare yang mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide.

@rahasiagadisofficial

Sekrang udah tau kan Beb, bedanya PMS dengan Menstruasi? ☺️☺️ #fypシ #xyzbca #RahasiaGadis #pms #menstruasi

♬ Refreshing and cute bossa nova food YouTube(873394) – RYOpianoforte

Pre Menstruasi

Pre menstruasi, yang juga dikenal sebagai fase luteal, terjadi selama periode menstruasi berlangsung. Pada fase ini, kadar hormon progesteron meningkat untuk mendukung kemungkinan kehamilan. Peningkatan progesteron ini dapat mempengaruhi kulit dan menyebabkan perubahan seperti peningkatan produksi minyak.

Kulit berminyak pada pre menstruasi dapat menyebabkan kilau berlebihan dan pori-pori yang tersumbat. Untuk mengatasi masalah ini, disarankan untuk menggunakan produk skincare yang mengandung bahan seperti niacinamide atau witch hazel. Niacinamide adalah bahan yang efektif dalam mengurangi produksi minyak berlebih di kulit, serta membantu mengencangkan pori-pori. Witch hazel, di sisi lain, memiliki sifat astringent yang dapat membersihkan kulit dan mengurangi kilau berlebih.

Pre menstruasi terjadi selama periode menstruasi berlangsung. Pada saat ini, kadar hormon progesteron meningkat dan menyebabkan kulit menjadi lebih berminyak. Selain itu, beberapa wanita juga mengalami menstruasi berjerawat yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Ketika tubuh mengalami perubahan hormon, maka produksi minyak pada kulit akan meningkat dan menyebabkan timbulnya jerawat.
Untuk mengatasi kulit berminyak, Anda dapat menggunakan produk skincare yang mengandung bahan-bahan seperti niacinamide atau witch hazel. Sedangkan untuk mengatasi jerawat, Anda dapat menggunakan produk skincare yang mengandung benzoyl peroxide atau retinol.

leebeaute - some by mi


Produk Skincare Terbaik


Beberapa produk skincare terbaik untuk mengatasi kulit wanita selama pra dan pre menstruasi adalah:

  1. Hyaluronic Acid:

Hada Labo Gokujyun Hyaluronic Acid Lotion: Produk ini mengandung hyaluronic acid yang dapat membantu menjaga kelembaban kulit secara intensif.

Wardah Hyaluronic Acid Serum: Serum ini mengandung hyaluronic acid untuk memberikan hidrasi ekstra pada kulit.

  1. Salicylic Acid:

Acnes Sealing Gel: Produk ini mengandung salicylic acid yang efektif untuk mengatasi jerawat dan membantu mengurangi peradangan pada kulit.

The Body Shop Tea Tree Anti-Imperfection Daily Solution: Serum ini mengandung tea tree oil dan salicylic acid untuk membantu mengatasi jerawat dan mengontrol minyak berlebih.

  1.   Niacinamide:

Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Serum: Serum ini mengandung niacinamide serta asam salisilat dan asam glukonolaktona untuk mengurangi minyak berlebih, mengatasi jerawat, dan mencerahkan kulit.

Wardah Niacinamide Brightening Serum: Serum ini mengandung niacinamide yang membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit.

  1. Benzoyl Peroxide:

Oxy 10 Acne Pimple Medication: Produk ini mengandung benzoyl peroxide yang membantu mengatasi jerawat dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Acnes Creamy Wash: Pembersih wajah ini mengandung benzoyl peroxide untuk membantu mengatasi jerawat pada kulit berminyak.

  1. Retinol:

Rohto Mentholatum Melano CC Intensive Anti-Spot Essence: Produk ini mengandung vitamin C dan retinol yang membantu mengatasi jerawat serta mencerahkan kulit.

The Ordinary Granactive Retinoid 2% Emulsion: Emulsi ini mengandung retinol yang membantu mengurangi jerawat dan memperbaiki tekstur kulit.

Itulah artikel tentang perbedaan antara pra dan pre menstruasi serta dampaknya pada kulit. Selama pra dan pre menstruasi, penting untuk memperhatikan kesehatan kulit dan menggunakan produk skincare yang tepat untuk mengatasi masalah kulit yang muncul. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Google search engine

Most Popular

Recent Comments