Thursday, June 20, 2024
leebeaute
HomeHair CarePerbedaan Ketombe & Cara Perawatannya Untuk Rambut

Perbedaan Ketombe & Cara Perawatannya Untuk Rambut

Selainnya rontok dan lepek, ketombe jadi persoalan rambut yang terbanyak dirasakan dan dicari lho pada internet! Jika kamu termasuk salah satunya yang merasakannya, tentu ingin tahu kan mengapa ketombe dapat ada? Rupanya keadaan kulit kepala kita punyai dampak besar!

Jika ekosistem bakteri jahat pada kulit kepala lebih menguasai, akan memacu timbulnya jamur Malassezia restricta pemicu ketombe, kulit kepala dapat menjadi terlampau kering atau terlampau berminyak. Badan kita akan memberi respon dengan pergantian sel-sel kulit kepala yang 2x bisa lebih cepat dari keadaan normal, hingga banyak sel-sel kulit kepala mati yang menimbun di atas. Berikut yang mengakibatkan ketombe tercipta.

Transisi pergantian sel-sel kulit kepala yang sehat ialah 14-28 hari. Dan pergantian kulit kepala yang berketombe transisinya terlampau cepat, cuma 7-14 hari. Dari infografis di atas, bisa disaksikan jika kulit kepala yang berketombe menghasilkan sel-sel kulit terlalu berlebih dan sel-sel kulit matinya tidak lepas prima.

Ketidaksamaan ketombe kering dan basah

 

leebeaute - cara merawat kulit kepala berketombe

Pada umumnya, ketombe terdiri jadi dua tipe, kering dan basah. Selain keadaan genetik, keadaan kering di kulit kepala bisa juga dipacu oleh paparan udara yang dingin dan kering, factor umur, sampai reaksi alergi dari produk tertentu. Ketombe kering umumnya seperti serpihan kecil dengan struktur kering warna putih. Nach, karena ukuran kecil dan kering, serpihannya menjadi lebih mudah berguguran. Ketombe kering sering memunculkan rasa gatal dan inflamasi pada kulit kepala.

Dan ketombe basah disebabkan karena produksi minyak berlebihan pada kulit kepala. Keadaan ini memudahkan bakteri, beberapa sel kulit mati, dan kotoran melekat, hingga berbuntut pada bertumbuhnya jamur. Jamur pemicu ketombe ini dikenali panggilan jamur malassezia. Serpihan ketombe basah semakin lebih besar dibanding yang kering, memiliki bentuk lebih seperti kulit terkelupas yang dirasa lekat dan berminyak waktu dipegang. Berwarna umumnya lebih kekuningan dan rasanya condong lebih gatal.

Selain keadaan yang telah disebut sebelumnya, ketombe bisa juga disebabkan karena factor intern seperti depresi, kecapekan, diet, hormonal, dan metabolisme yang kurang imbang. Terkena factor external seperti polutan, air yang kandungan kapurnya tinggi, dan peralihan cuaca berlebihan bisa juga mengakibatkan ketombe.

Panduan pilih perawatan yang pas

Bagaimana, telah lebih mudah kan membandingkan di antara ketombe kering dan basah? Cara selanjutnya, hanya tinggal pilih produk yang tepat. Tetapi antiknya, data dari penelitian L’Oréal International memperlihatkan jika secara global, ada 2 miliar wanita yang memiliki masalah dengan ketombe. Tetapi cuma 17% dari jumlahnya itu yang memakai produk khusus . Maka ada banyak yang malas menggunakan produk sesuai hair concern-nya yang berketombe.

Banyak yang memiliki pendapat jika perawatan anti-ketombe itu formulasinya terlampau keras dan condong membuat rambut kering, cuma efisien untuk saat ini hingga ketombe masih kembali lagi, lalu harumnya tidak menarik dan teksturnya kurang menggembirakan untuk digunakan.

Well, anggapan-anggapan itu tidak salah sich. Pola pikir saya sendiri waktu itu tetap mengidentikkan perawatan dandruff lewat produk yang kesannya ‘klinis’ sekali, bukan hair peduli yang harum atau menganakemaskan. But I was proven wrong!

Meet the luxury anti-dandruff ritus!

 

@walkaway786

KERASTASE ANTI DANDRUFF FOR OILY OR DRY SCALP💯👍

♬ original sound – Hair Care Product – NIS HAIR CARE

Yap, finally apakah yang dinanti-nantikan tiba . Bulan Mei 2023 lalu, Kérastase sah mengeluarkan serangkaian Symbiose di Indonesia. Hal pertama kali yang membuat saya hooked ialah ide perawatan yang holistik dan of course, harumnya! Wewangiannya seperti minyak wangi eksklusif yang sangat nyaman digunakan setiap hari, unisex, fruity-floral, dan fresh. Hebat catatan fruity-nya ialah mandarin dan blood orange, di middle notes-nya ada harum floral dari blooming jasmine, lalu base note-nya ialah spicy pepper.

Selainnya memberikan harum menawan dan pengalaman yang eksklusif menganakemaskan, keunggulan khusus  ini berada pada pengembangan formulasinya yang sanggup bekerja sampai ke tingkat sel untuk perlambat transisi pergantian sel pada kulit kepala. Hingga kulit kepala berketombe yang regenerasinya 2x bisa lebih cepat, dapat normal kembali.

Berikut yang membuat lebih efisien saat menangani ketombe dan memberikan hasil periode panjang. Symbiose menyatukan tiga bahan aktif: salicylic acid – menolong bersihkan dan mengusung sel-sel kulit mati dan sebum berlebihan, piroctone olamine – menantang jamur malassezia pemicu ketombe sekalian menormalkan lagi transisi pergantian sel-sel kulit kepala, dan prebiotik bifidus – sebagai gizi untuk bakteri bagus untuk membuat perlindungan kulit kepala dari invasi external, hingga ketombe tidak tampil kembali. Yok, kita saksikan serangkaian produk selengkapnya!

Micro-Peeling Cellulaire

Tidak cuma kulit muka, kulit kepala perlu eksfoliasi. Pre-shampoo treatment ini teksturnya gel terbuka dengan butiran scrub lembut dari argan dan apricot seeds. Formulasinya memiliki kandungan salicylic acid untuk membantu mengusung sel-sel kulit mati dan serpihan putih pada kulit kepala. cukup hanya dipakai 1-2 kali satu minggu pada rambut basah saat sebelum keramas dengan shampo.

Bain Pureté

Shampo terbuka ini direncanakan untuk kulit kepala berminyak dengan ketombe basah. Bonusnya, rambut berasa lebih memiliki volume dan tidak mudah lepek jika gunakan shampo ini!

Bain Créme

Jika shampo yang creamy ini direncanakan untuk kulit kepala kering dan ketombe kering. Formulasinya hydrating dan membuat rambut berasa lebih halus. Ke-2 shampo di serangkaian Symbiose ini aman untuk dipakai kulit peka.

Detangling Soothing Cellular Conditioner

Selainnya untuk lembar rambut, conditioner ini bisa juga dipakai di kulit kepala lho! Perannya untuk menentramkan, memperkuat, sekalian jaga kelembapan kulit kepala dan rambut. Formulasinya enteng dan silicone-free.

Masque Revitalisant Essentiel

Sesudah bersihkan kulit kepala dengan maksimal, manjakan rambutmu dengan masker yang buttery dan menganakemaskan ini. Didalamnya ada salicylic acid untuk menolong singkirkan tersisa serpihan ketombe di rambut, dan squalane untuk memberikan nutrisi dan melembapkan rambut.

Intensive Anti-Dandruff Night Serum

Gel serum ini sanggup menekan jamur Malassezia pemicu ketombe dan berlaga nonstop sepanjang 8 jam kita tidur untuk perkuat scalp barrier . Maka ketombe tidak mudah kembali lagi!

 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Google search engine

Most Popular

Recent Comments